Minggu, 02 Agustus 2015

Ustadz YM: Husnuzhon dan yakin aja sama Allah. Semua pasti dikasih jalannya!

Kemarin, tepat pada tanggal 02 Agustus 2015, pondok pesantren tempatku mengajar mengadakan sebuah acara yang cukup besar. Pertama, yaitu acara Persatuan Pondok Tahfizh Qur'an se-Jawa Tengah dan DIY.

Acara sudah dimulai sejak pukul delapan pagi. Beberapa utusan yang mewakili pondok pesantren mereka berdatangan ke pesantren kami. Peserta yang antusias mengikutinya cukup banyak. Setiap ponpes mengutus 2 orang. Dan yang telah mendaftar kehadiran sekitar 80 orang. Itu berarti ada sekitar 40 pesantren yang masing-masing mengirim perwakilannya.

Adapun tujuan dilaksanakannya acara ini karena Provinsi Jawa Tengah dan DIY ini ingin mengikat hubungan antar pesantren. Dengan memaparkan segala aspirasi masing-masing, mereka akan mengambil pelajaran bagaimana metode mendidik santri khususnya dalam program menghafal Alqur'an. Semoga saja, Indonesia benar-benar bisa memiliki pusat rujukan pendidikan terbaik baik bagi pandangan bangsa Indonesia sendiri, maupun dunia.

Adapun acara kedua yang diadakan yaitu halal bi halal. Seusai acara pertama tadi yang ditutup setelah sholat zuhur berjamaah, kami langsung menggelar acara kedua ini.

Ada yang membuat pengunjung umum maupun para wali santri yang berdatangan ke pondok. Yaitu dengan hadirnya di tengah kami seorang ustadz kondang yang sudah sangat kita kenal. Ustadz Yusuf Mansyur.

Kami, khususnya saya pribadi pun sangat menantikan saat beliau berdiri di atas podium untuk memberikan kami wejangan lezat. Dan benar, materi yang dibahaspun amat menarik hati sejak awal beliau menyampaikan.

Yaitu tentang keyakinan kepada Allah, serta husnuzhon billah yang perlu kita tanamkan dalam hati kita.

Beliau mengatakan, bahwa ada power sendiri dibalik itu semua. Jika setiap hamba bisa menerapkannya dalam kehidupan, maka ia akan mendapat hakikat kebahagiaan yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Adalah di antaranya mengenai doa. Perihal yang sangat tidak bisa atau tidak boleh dianggap remeh. Menjadi suatu keajaiban bagi seorang muslim. Mereka membisikkan doa di setiap sujud dengan penuh rasa penghambaan yang tulus. Mengharap penuh ridho dan rahmat pertolongannya.

"Kalau berdoa, yakinlah pada Allah bahwa doa itu akan dikabulkan oleh Allah. Karena sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan seorang doa dari seorang hamba yang benar-benar tulus mengharap rahmatNya. Selama dia terus berhusnuzhon kepada Allah dengan keyakinan yang mantap, tak meninggaljan sholat yang lima waktu tepat waktu dan atau berjamaah di masjid, kemudian tidak melakukan dosa besar, insya Allah semua keinginannya akan dengan mudah dikabulkan. Bahkan, bisa jadi ada bonus tak terduga yang akan diraihnya," begitu ucap Ustadz YM kepada para hadirin.

Aku sendiri bemar-benar sangat tersentuh dengan kalimat demi kalimat yang dipaparkannya. Selama ini, mungkin doa kita belum dikabulkan karena ulah kita sendiri yang belum sepenuhnya menyingkronkan apa yang kita minta dengan apa yang kita persembahkan untuk Allah. Betapa mungkin keyakinan kita masih rancu dan masih erlu dipertanyakan.

Ya Rabbil 'Izzah, sesungguhnya Engkau dekat dengan hambaMu. Namun hambaMu-lah yang justru semakin menjauh.

Maafkan kami yang lalai dariMu, meragukan kuasaMu, dan selalu melangkah menjauhiMu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar